BANDUNG KOTA MACET
KEMACETAN ADALAH PERMASALAHAN KLASIK YANG BIASA DIALAMI KOTA-KOTA BESAR DI DUNIA TERUTAMA DI REPUBLIK TERCINTA KITA REPUBLIKINDONESIA.KEMACETAN MEMANG HAL KLASIK YANG SULIT DISELESAIKAN BAGI KOTA-KOTA BESAR DI INDONESIA.
KOTA YANGDIPERKIRAKAN AKAN MACET TOTAL PADA TAHUN 2014 YAITU JAKARTA SUDAH TIDAK MAMPU LAGI MENAMPUNG JUMLAH KENDARAAN BERMOTOR YANG BERTAMBAH SETIAP TAHUN.JUMLAH KENDARAAN YANG TERHITUNG OLEH POLDA METRO JAYA DI JABODETABEK SAJA MENCAPAI 13 JUTA KENDARAAN PADA TAHUN 2012,DENGAN RINCIAN 3 JUTA KENDARAAN RODA EMPAT ATAU LEBIH DAN 10 JUTA SEPEDA MOTOR.
DENGAN RATA-RATA KENDARAAN BERMOTOR BARU YANG KELUAR 2200 PER HARI,YAITU 600 MOBIL DAN 1600 SEPEDA MOTOR.
KEMACETAN JUGA TERJADI DI KOTA KITA YANG TERCINTA KOTA BANDUNG.BANDUNG MASUK KE DALAM DALAM DAFTAR 6 KOTA BESAR DI INDONESIA YANG KEMACETANNYA SANGAT PARAH.KOTA BANDUNG BERADA PADA POSISI KEDUA SETELAH DKI JAKARTA.MENURUT SUMBER 6 KOTA BESAR YANG MASUK KE DALAM DAFTAR KOTA KEMACETAN SANGAT PARAH,YAITU DKI JAKARTA, BANDUNG,SURABAYA,MEDAN,MAKASSAR,SEMARANG,DAN DENPASAR.
PENYEBAB UTAMA KEMACETAN DI KOTA BANDUNG ADALAH JUMLAH KENDARAAN DI KOTA YANG MENINGKAT SETIAP TAHUN.20 % PENINGKATAN SEPEDA MOTOR DAN 5% PENINGKATAN KENDARAAN RODA EMPAT.MENURUT DATA DISHUB BANDUNG TAHUN 2010 TERCATAT 1,2 JUTA KENDARAAN YANG HILIR MUDIK DI KOTA BANDUNG.
DENGAN JUMLAH SEPEDA MOTOR YANG MENDOMINASI JUMLAH KENDARAAN YAITU SEBANYAK 800 RIBU UNIT DAN SEBANYAK 400 RIBU UNIT KENDARAAN RODA EMPAT.PADA TAHUN 2012 JUMLAH KENDARAAN DI KOTA BANDUNG MENCAPAI 2,2 JUTA UNIT ,YAITU 1,3 JUTA UNIT SEPEDA MOTOR DAN 900 RIBU UNIT KENDARAAN RODA EMPAT.
MENURUT SUMBER TERBARU JUMLAH KENDARAAN BERMOTOR DI SELURUH BANDUNG RAYA TERDAPAT 4 JUTA KENDARAAN BERMOTOR,YAITU 2 JUTA UNIT SEPEDA MOTOR DAN 2 JUTA UNIT KENDARAAN RODA EMPAT.
BERDASARKAN SALAH SATU SUMBER MENGATAKAN “BISA JADI PENAMBAHAN KENDARAAN BERMOTOR BARU DI BANDUNG MENCAPAI 2000 UNIT PER HARI.APALAGI BILA MENGACU KEPADA DISHUB CIMAHI TAHUN 2012 YANG MENCATAT ADA PENAMBAHAN 820 UNIT KENDARAAN BERMOTOR BARU PER HARI.”
MAKA TAK HERAN JIKA SEKARANG BANDUNG SUDAH DIKEPUNG KEMACETAN CUKUP PARAH SETIAP HARI,APALAGI SAAT MUSIM LIBURAN DAN SAAT WEEKEND.KEMACETAN PARAH YANG TERJADI DI BANDUNG SAAT INI LEBIH CEPAT DARI DARI PERKIRAAN YANG DIPERKIRAKAN OLEH PEMKOT BANDUNG.
KEMCETAN DI JL IR JUANDA KOTA BANDUNG
KEMACETAN DI JALAN ASIA AFRIKA KOTA BANDUNG
PENYEBAB LAIN KEMACETAN DI BANDUNG BISA DI SEBABKAN OLEH PENDEKNYA RUAS JALAN DI KOTA BANDUNG YAITU HANYA 1.200 KM.JARAK ANTAR PERSIMPANGAN DI BANDUNG YANG PENDEK-PENDEK BISA JUGA MENYEBABKAN KEMACETAN LALU LINTAS.
JIKA RUAS JALAN DI BANDUNG TIDAK BERTAMBAH KEMACETAN AKAN SEMAKIN PARAH TERJADI,SEMENTARA JUMLAH KENDARAAN BERMOTOR MENGALAMI PENINGKATAN YANG TINGGI SETIAP TAHUNNYA.
BERBAGAI CARA TELAH DILAKUKAN UNTUK MENGATASI KEMACETAN DI BANDUNG.MISALNYA SEPERTI PEMBANGUNAN FLY OVER PASTEUR DAN FLY OVER KIARACONDONG.
WALAUPUN SUDAH DI BANGUN FLY OVER TETAP SAJA KEMACETAN TERJADI SAAT JUMLAH KENDARAAN MEMBLUDAK APALAGI PADA SAAT MUSIM LIBURAN DAN WEEKEND.PADA SAAT SAAT WEEKEND SAJA DIPERKIRAKAN SEBANYAK 100.000 UNIT KENDARAAN BERMOTOR MASUK BANDUNG MELALUI PINTU TOL PASTEUR.
SELAIN PINTU TOL PASTEUR,MASIH ADA PINTU TOL BUAH BATU,MOH TOHA,PASIR KOJA,DAN PINTU TOL KOPO YANG BISA DI GUNAKAN UNTUK MEMASUKI BANDUNG.
KEMACETAN DI FLY OVER PASUPATI
SOLUSI YANG SEKARANG SEDANG DI UJI COBAKAN UNTUK MENGATASI KEMACETAN DI BANDUNG YAITU SISTEM “4 IN 1”.SISTEM INI BARU DI UJI COBAKAN DI PINTU TOL PASTEUR SAMPAI PASUPATI.
DI JALAN YANG MENGGUNAKAN SISTEM 4 IN 1 HANYA BISA DILEWATI OLEH KENDARAAN RODA EMPAT YANG BERISI 4 PENUMPANG ATAU LEBIH.SISTEM DI UJI COBAKAN SETIAP HARI SABTU DAN MINGGU.
UJI COBA 4 IN 1 DI PASTEUR
PKL.PKL YANG MENJAMUR DI BANDUNG MENJADI SALAH SATU PENYUMBANG KEMACETAN DI BANDUNG.JALAN PROTOKOL YANG BIASANYA DI TEMPATI PKL DIANTARANYA JL DIPONEGORO, GASIBU,JALAN DALEM KAUM,YOGYA KEPATIHAN, OTISTA, TEGALEGA,DAN IBRAHIM ADJIE DI BAWAH FLY OVER KIARA CONDONG.
PEMERINTAH BERENCANA AKAN MERELOKASI PARA PKL KE PASAR GEDE BAGE DAN TEMPAT YANG LAIN,AGAR TIDAK MENYEBABKAN KEMACETAN DI JALAN PROTOKOL.
PEMERINTAH JUGA BERENCANA AKAN MEMBANGUN MONORAIL YANG MOUNYA SUDAH DI TEKEN YANG BEKERJA SAMA DENGAN CHINA.SELAIN ITU PEMERINTAH JUGA AKAN MEMBANGUN “BANDUNG SKY BRIDGE”ATAU KERETA GANTUNG DARI BABAKAN SILIWANGI KE PASTEUR,TOL DALAM KOTA SOROJA (SOREANG-PASIR KOJA),DAN “BIUTR”(BANDUNG INTRA URBAND TOLL ROAD). SELAIN ITU PROYEK YANG SUDAH BEROPERASI YAITU TMB(TRANS METRO BANDUNG),YANG TERDIRI DARI 2 KORIDOR YAITU KORIDOR 1 MELAYANI RUTE CIBIRU-CIBEUREUM DAN KORIDOR 2 YANG MELAYANI RUTE CICAHEUM-LEUWI PANJANG.KORIDOR 1 BEROPERASI PADA TAHUN 2008 DAN KORIDOR 2 BEROPERASI PADA TAHUN 2012.RENACANYA JUMLAH KORIDOR DI YANG AKAN DIOPERASIKAN KEDEPANYA 10 SAMPAI 11 KORIDOR.
TMB KORIDOR 1 TMB KORIDOR 2
SAYA SAJA SETIAP HARI MEMERLUKAN WAKTU 20-30 MENIT UNTUK SAMPAI KE SEKOLAH.PADAHAL JARAK DARI RUMAH HINGGA KE SEKOLAH HANYA 1 KM.DI JALAN RAYA DEPAN KOMPLEK SAYA PUKUL 6 PAGI SAJA SUDAH MULAI MACET.
sumber:http://muhfauzanp.blogspot.co.id/2013/08/bandung-kota-macet.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar